Rabu, 19 Juli 2023

THE BIG WHY?



Buat apa ngeblog? Pertanyaan itu kembali menggelitik pikiranku. Ketika menyiapkan tulisan ini, tiba-tiba ada rasa ingin tahu, kapan yah pertama kali bikin blog? Segera aku buka blogku yang sudah lama tak terurus. What! dari tahun 2014!
Ya, Sekitar tahun 2014 terbesit keinginan punya blog untuk memposting cerita-cerita anak yang saya tulis kala itu. Saat itu, diputuskan membuat blog menggunakan blogspot. Dengan keterbatasan pengetahuan dan skill, sekedar coba-coba, lahirlah ozeraproject.blogspot.com dan Agustus 2014 postingan perdana pun diunggah.
Apakah blognya hidup dan terurus dengan baik? Nggak. Sempat Juni 2019 kembali posting sebuah cerita rakyat yang saya ceritakan kembali, dan setelah itu ozeraproject.blogspot.com pun kembali mati suri. Pernah sesekali buka hanya untuk memastikan masih bisa mengaksesnya atau sekedar otak-atik template. Diotak-atik yang ada bikin tambah bingung kenapa tampilannya seperti makin nggak karuan.... Wkwk....
Saya sadar kalau saya butuh orang lain dalam hal ini. Butuh mentor untuk mengarahkan saya. Ketika kepala sekolah meminta untuk membuat blog sekolah, asli nggak ngerti harus mulai dari mana. Sampai akhirnya ada kesempatan untuk belajar blog di @blogspedia bersama coach @maritaningtyas & @bundalillah.
Materi pertama pun dibagikan, ADAB NGEBLOG.
Hal pertama dan mendasar yang dibagikan adalah Why Blogging? Kenapa harus blog? Kenapa blog yang saya bikin nggak berkembang? Selama ini ozeraproject.blogspot.com mati suri dan waktu yang saya kambing hitamkan. Selama ini saya beralasan waktu saya nggak cukup untuk ngeblog, nggak cukup buat nulis cerita. Saya salah. Ternyata bukan itu masalah terbesarnya. Selama ini saya nggak menemukan BIG WHY-nya. Kenapa harus ngeblog? Asalkan saya menemukan dan memegang the BIG WHY, maka perkara waktu pun perlu diatur.
Menurut Mbak Marita Ningtyas, seenggaknya ada 7 alasan ngeblog ia tuliskan di https://www.maritaningtyas.com/2020/09/alasan-menulis-blog.html, di antaranya adalah karena hobi, senang bercerita, mengikat ilmu, menebar manfaat, self healing, menciptakan dan mencatat sejarah, dan yang terakhir adalah warisan untuk anak cucu. Dari 7 hal di atas, ada beberapa hal yang sepertinya cocok dengan diri saya. Apa saja?

1. Hobi

Sejak bekerja dalam dunia Pendidikan usia dini. Lahir sebuah hobi baru yaitu membuat cerita untuk anak-anak. Dimulai dari membuat cerita secara lisan sampai menulis cerita pendek pun dilakoni.
Setelah mengetahui tema dan sasarannya, ada kalanya tidak butuh waktu lama muncul inspirasi. Berbekal gambar dari internet, menggunakan power point dan animasi sederhana, cerita pun tersampaikan. Waktu pun berlalu dan ada dorongan untuk menuliskannya dalam sebuah cerita pendek. Belajar di beberapa group facebook pun aku lakukan.
Selama pandemik kemarin, ada hal lain yang jadi kesenanganku. Membuat video literasi membaca nyaring. Maka dari itu, ada harapan melalui blog aku bisa menuliskan ceritaku dan membagikan video singkat yang aku buat.

2. Menebar manfaat

Aku berharap apa yang aku tulis, apa yang aku unggah dapat membawa manfaat buat anak-anak Indonesia. Ada potensi yang besar untuk menjadi berkat bagi banyak orang melalui blog yang aku kelola. Dalam Blog ini kita bisa membaca Buku Cerita Anak seperti https://ozeraproject.blogspot.com/2014/08/ken-si-tupai.html, memperkenalkan cerita rakyat yang diceritakan kembali olehku https://ozeraproject.blogspot.com/2019/06/dohong-dan-tingang.html, dan melihat Video Book Read Aloud Time! seperti https://ozeraproject.blogspot.com/2023/07/blog-post.html. Dan akan masih ada lagi hal baik yang akan dibagikan untuk anak-anak.

3. Warisan untuk anak cucu.

Saya diingatkan kembali, kenapa saya pakai nama Ozera Project pada blog dan kanal Youtube yang saya kelola? Ozera dalam Bahasa Kristiani memiliki arti harta karun, sesuatu yang berharga. Harapan saya melalui Ozera Project ini dapat mewarisi sebuah Hasrat untuk menghargai kebijaksanaan dan pendidikan di atas segalanya.

Untuk saat ini 3 alasan ini cukup untuk aku melangkah dalam belantara perbloggingan. Mungkin seiringnya waktu akan bertumbuh makin besar dan kuat ketika telah menghidupinya. Blogging saat ini kegiatan sampingan di luar pekerjaan utama saya, dan untuk menyeimbangkannya paling tidak ada 3 hal yang perlu saya perhatikan. Ozerania, mau tahu? Inilah diantaranya.... 

1. Mengatur Waktu

Seperti yang saya ungkapkan di atas, asalkan saya menemukan dan memegang the BIG WHY, maka perkara waktu pun perlu diatur.
Beraktivitas di dunia maya, blogging pastinya akan banyak memakan waktu. Maka perlu diperhatikan juga, bahwa setiap kita juga memiliki tanggung jawab lain yang butuh perhatian kita. Serius mau ngeblog? Kalau serius diluangkan, bikin jadwal tersendiri, minimal 1 jam. Jangan mengambing hitamkan waktu dan aktivitas lainnya.

2. Manajemen Diri

Kesehatan itu penting, Gaes! Memang sesuatu yang mengasyikan ketika riset sebuah materi, belajar ini dan itu, ngeblog di waktu yang sudah ditentukan, tapi jangan sampai kita mengabaikan hal lain yang tak kalah penting, seperti masalah kesehatan. Terlebih jika kita memilih menulis dilakukan pada malam hari, pastikan kita dapat menyeimbangkan istirahat dan pola hidup.
Menulis di depan monitor dalam jangka waktu yang lama dapat membuat kita mengalami dehidrasi, siapkan air putih dan juga makanan sehat untuk menemani aktivitas blogging kita.

3. Ingat Untuk Bahagia

Bahagia ketika kita bisa melakukan apa yang kita suka. Tapi terlarut dengan hobi tanpa memikirkan hak orang lain adalah sikap egois. Diri sendiri bahagia memang penting, namun berbagi kebahagiaan dengan orang di terdekat kita itu pun sama pentingnya. Maka, perhatikan siapa yang ada di rumah kita, mereka pun adalah sumber kebahagiaan yang tak boleh kita abaikan.
Materi perdana sudah diterima dan ada 3 tugas yang harus ditunaikan. Sungguh pengalaman yang seru dan menarik. Kepala puyeng? Yes!🤭Puyeng karena banyak hal baru berusaha masuk dalam benakku.
#BlogspediaCoaching4_Task1

Saksikan Video Read Aloud Time! lainnya di https://www.youtube.com/@MrKikilie




9 komentar:

Deri Yulianti mengatakan...

No 3 agree is nice legacy... that's why I ........ Hehehe 😉

Juwita mengatakan...

Wow lama juga ya mb dari 2014 berarti sudah 9 tahun yang lalu. Yuk semangat kembali mewujudkan Big Why Nge Blog nya

Putri sarihati mengatakan...

Wow lagi lagi teman seperjalann yang langkah kakinya seirama, salam kenal mba, cuss follow ig dan sb yt hehe bisa ga saya sebut begitu karena saya jg ssangat tertarik dg pendidikan anak usia dini. Tapi Belum menghasilkan karya seperti mba, sy pelan2 ngajakin ibu2 arisan play date sampe lahirlahkomunitas nature study dan dapet animo yg baik, sy agendakan jg RA dg anak2 ini.

Hafshah Al Qoni'ah mengatakan...

Wah, nemu tulisan cakep nig di blognya kak ozera "Menulis merupakan cara mengikat ilmu". Yaps, setuju banget nih kak apalagi di dunia digital seperti sekarang tentu cara menuliskannya tidak hanya di buku catatan saja, salah satunya di blog. Nice :)

Hafshah Al Qoni'ah mengatakan...

Wah, nemu tulisan cakep nih di blognya kak ozera yang postingan ini " Menulis merupakan cara mengikat ilmu". Setuju banget kak, apalagi di zaman digital seperti sekarang ini ya, menulisnya tidak hanya di buku catatan tapi juga bisa di blog :)

OZERA PROJECT mengatakan...

Terima kasih, Kak.

Iis Santi Wirastuti mengatakan...

Wah, ada cerita anak. Masya Allah, sudah sangat dekat dengan dunia literasi ya, Kak. Ditunggu karya-karya selanjutnya. Semangat blogging 🔥

Krucilpedia mengatakan...

Waah bagus sekali Pak, ditunggu cerita lainnya

Iis Santi Wirastuti mengatakan...

Wah, ada cerita anaknya. Sudahsagat dekat dengan dunia literasi ya, Kak. Sukses terus nulisnya, semangat nge-blog-nya 🔥