Rabu, 09 Agustus 2023

OZERANIA?

Ozerania, ini adalah Minggu ke-3 belajar blogging. Materi 4C membahas tentang Analisa Persona Pembaca dan Membuat Empathy Map. Salah satu tugas yang bikin mengeyitkan dahi. Aku pikir hanya perlu memikirkan konten dan atur waktu deadline, ternyata nulis blog pun harus detail seperti ini juga.
Kalau kalian mau tahu juga, materinya seperti ini… saya spil dikit ya buat para Ozerania.

Materi Persona Reader

Materi Persona Reader adalah bagaimana kita menganalisa karakter pembaca kita: siapa, apa, kapan, mengapa, dimana, dan bagaimana. Kita harus mengetahui; who they are? what they do? and why they do it? Lebih detail lagi, blogger harus mengetahui User Profile: nama, deskripsi, usia, lokasi, okupasi, personality, interest, bahkan yang lebih gokil adalah sampai dengan informasi penghasilan si pembaca.
 

Empathy Map

Materi Empathy map ini berisi apa tujuan pembaca, motivasi pembaca, ketakutan pembaca, dan harapan pembaca. Saat membuat empathy map ini kita sebagai penulis harus bisa masuk ke dalam diri pembaca. Seolah-olah menjadi pembaca yang memahami tujuan mereka, menyelami motivasi dan ketakutan mereka, serta ikut merasakan hal yang menjadi harapan mereka. Ya, dengan empathy map ini sangat berfungsi untuk membantu kita membuat postingan yang sesuai dengan pembaca, karena kita sudah merasakan menjadi pembaca, jadi harapannya tulisannya sesuai dengan diri pembaca.
Materi 4C ini benar-benar mengajak untuk mendetailkan target pembaca kita. Tujuannya baik, yaitu agar postingan yang akan kita bagikan juga bisa tepat pada sasaran, menjawab kebutuhan, tidak melenceng.



Siapakah Ozerania?

Ozerania, Ozerania terus yang disebut. Dari awal selalu ada nama itu yang disebut. Siapa Ozerania itu? Teman-teman, izinkan saya untuk memanggil kalian, para pengunjung Ozera Project, dengan panggilan Ozerania. Kenapa disebut dengan nama itu? Kalau bisa dideskripsikan, Ozerania adalah orang-orang yang memiliki gairah untuk belajar untuk dirinya atau untuk menyebarkan kebaikan bagi orang-orang di sekitarnya. Belajar untuk mencintai dunia literasi. Gairah yang sama seperti seorang pemburu harta karun.
Ozerania, nama itu baru tercetus belum lama ini, ketika akan memposting Buku Cerita Colours ke Kanal Youtube Ozera Project.
Siapakah Ozerania itu? Jujur saya kesulitan mendeskripsikan siapa mereka ini. Bisa saja ia adalah Mawar, seorang anak perempuan yang sedang belajar membaca. Atau Edelweiss, seorang ibu muda yang sedang memperkenalkan buku pada anaknya. Mungkin saja ia adalah seseorang yang tidak boleh disebut Namanya, seseorang yang sedang berburu materi bahan ajarnya di sekolah. Who knows… satu hal yang pasti, melalui blog Ozera Project kita membangun sebuah ruang untuk orang tua, guru, dan semua yang peduli pada anak-anak dapat saling berhubungan, berkolaborasi, dan mendukung satu sama lain.
Apakah kamu Ozerania?

Sungguh ini adalah teladan yang buruk. Gagal menyelesaikan tugas tepat pada waktunya. Semoga ada kasih karunia untuk tetap lanjut. 

    2 komentar:

    Deri Yulianti mengatakan...
    Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
    Deri Yulianti mengatakan...

    Yup I'm in yow....